Belajar Service Jam Tangan


ads by google
Belajar Service Jam Tangan - Kita sudah membahas kemarin-kemarin tentang teknik dari jam tangan yang perlu anda ketahui, mulai dari Cara Melepas Rantai Jam Tangan hingga Cara Setting Jam Tangan Digital Q&Q, Digitec, dan G-shock. nah sekarang ini kita akan belajar langsung dari ahli service jam tangan dengan mengetahui bagaimana cara belajar service jam tangan.
Belajar Service Jam Tangan
Img by kaskus.co.id

Belajar Service Jam Tangan

Langkah awal dari belajar service jam tangan adalah mengenai seluk beluk rantai, mur yang digunakan, tutup belakang, hingga mesin yang ada dalam jam tangan. karena setiap merek jam berbeda tipe mesin dan juga teknik membuka masing-masing bagian jam, maka perlu pengetahuan yang cukup agar kita mampu mempelajari setiap teknik yang bagus untuk service jam tangan. baiklah kita mulai pada point yang pertama agar bisa belajar service jam tangan dengan baik dan benar.

1. Membuka Rantai Jam Tangan

Rantai jam tangan yang rusak perlu anda perbaiki apakah rantainya putus atau ingin diganti ke yang baru. nah untuk melakukan itu semua ada beberapa teknik yang harus anda ketahui dalam membuka rantai jam tangan. Rantai jam tangan pada setiap merek jam beda-beda tapi tak ada perbedaan dalam mebuka rantainya. untuk lebih lanjut mengenai bagaimana membuka rantai Jam tangan yang terbaik silahkan baca di: Cara Melepas Rantai Jam Tangan.

2. Membuka Penutup Belakang Jam Tangan

Pada kebanyakan jam, penutup bagian belakang jam tangan terbuat dari stainless steel. untuk membuka penutup tersebut, Anda harus berhati-hati karena jangan sampai malah tergores. untuk pemula silahkan membuka jam tangan yang tak terpakai dahulu untuk belajar service jam tangan dengan membuka penutup belakang jam tangan, agar anda tidak merusak lebih parah jam tangan yang terpakai.

yang perlu kita persiapkan untuk membuka penutup belakang jam tangan misalnya pisau congkel, obeng congkel jarum dan baterai penganti. Tutup Jam dibuka dengan cara mencongkel atau membuka dengan alat pemutar. 

3. Mengganti Baterai Jam Tangan

Dalam belajar service jam tangan maka anda juga harus mengetahui cara mengganti baterai. Mengganti baterai jam tangan harus dengan menggunakan obeng jarum, baterai jam dikeluarkan untuk kebersihan jam maka seharusnya ditiup dengan alat tiup. dan JANGAN ditiup dengan mulut jika ditiup dengan mulut maka secara tidak langsung meniupkan air (H2O atau uap air yang terkandung pada nafas dari mulut) kedalam rangka jam anda sehingga jam akan mengandung uap air, uap air ini bisa merusak jam. 

Jam yang sudah ditiup dengan alat tiup dilap dengan kain halus untuk membersihkan debu yang tertinggal, sesudahnya baterai baru dimasukkan dan diletakkan didudukan yang ada dengan benar setelah itu lihat apakah jarum berputar atau tidak. jika berputar maka anda sudah berhasil, jika tidak tentu akan diteruskan dengan diagnosa lainya.

4. Cara Mengganti IC (integrated circuit) Jam Tangan

Jika permasalahan jam tangan bukan pada baterai maka kemungkinan besar masalah terjadi Pada IC mesin jam tangan. IC mesin jam tangan inilah yang harus dibeli dahulu pada pembuat atau pabriknya. biasanya sudah banyak dijual di toko jam tangan. nah untuk menyambungkan IC mesin jam tangan maka prosesnya IC dan Spool dibuka dengan menggunakan obeng kecil dan diambil IC mesin penganti dan pasang kembali seperti teknik semula, selesai dipasang lihat jarum jam anda jika jarum jam berputar maka anda sukses melakukan penggantian IC dan spool.

5. Cara Short Circuit atau Memantik Jam Tangan

Kita sudah tau cara mengganti baterai dan cara mengganti IC mesin jam tangan pada bab cara belajar service jam tangan ini. pada point ke lima dari cara belajar service jam tangan ini adalah bagaimana memantik arloji atau bahasa kerennya adalah Short Circuit.

Pada arloji digital biasanya terdapat dua buah kontak yang bersebelahan dan ada tulisannya "RESET" atau kadang tulisannya "AC" yang merupakan singkatan ALL Clear. Yang perlu Anda lakukan adalah menyambungkan kedua kontak tersebut menggunakan media besi, misalnya obeng minus. Jadi kontak yang kiri disambung ke yang kanan dengan perantara obeng besi (atau benda apapun yang penting keduanya tersambung). Kalau istilah tukang jam, untuk "memantik" arloji. Kalau istilah teknis-nya adalah "short circuit" atau dibuat "korslet". Lebih jelasnya lihat gambar dibawah:
Belajar Service Jam Tangan memantik arloji
Img By gadoga.com

6. Cara Membersihkan Konektor Baterai

Jam tidak mau menyala bisa juga disebabkan karena konektor baterainya kotor. Biasa terjadi karena baterai sudah habis tapi tidak cepat-cepat diganti yang baru sehingga menyebabkan cairan batre keluar dan membuat kotor konektor. Untuk mengatasinya, bersihkan dengan menggunakan kain lembut di bagian konektor (sambungan yang menempel ke baterai), kerok-kerok sedikit jika ada kerak yang menempel.

Nah, ke enam point dari Cara Belajar Service Jam Tangan di atas adalah trik-trik yang biasanya dipakai oleh para tukang arloji dalam memperbaiki jam tangan yang rusak. untuk itu dengan adanya penjelasan mengenai Cara Belajar Service Jam Tangan ini bisa memudahkan anda untuk belajar service jam tangan yang handal dan berkompeten dalam memulai usaha baru. semoga bermanfaat yah.

ads by google

0 Response to "Belajar Service Jam Tangan"

Posting Komentar

Dilarang Berkomentar Spam, Berkata-Kata Kasar, Atau Semacamnya. Jika Artikel ini Bermanfaat, Mohon di Share atau Dibagikan Kepada Teman-Teman Lainnya.

Label