Cara Melepas Rantai Jam Tangan


ads by google
Cara Melepas Rantai Jam Tangan - Untuk melepas atau memotong tali Jam tangan bermerek ataupun tidak bermerek biasanya memakai "Pen" (sejenis jarum khusus jam tangan) namun adapula yang menggunakan "Lock" (sejenis kunci yang hanya digeser ke kanan atau ke kiri saja pada tali / rantai jam tangan), namun jenis "Lock" biasanya hanya digunakan pada rantai jam tangan mewah yang harganya memang sangat mahal. untuk itu pada kesempatan kali ini kita hanya menjelaskan cara melepas rantai jam tangan jenis "Pen" saja pada tali/rantai jam tangan.
Cara Melepas Rantai Jam Tangan
Img by deviantart.com

Cara Melepas Rantai Jam Tangan

sebelum mengetahui cara melepas rantai jam tangan jenis pengunci "pen", anda seharusnya mengukur ukuran lingkar jam tangan anda. biasanya memakai hitungan jumlah rantai di kanan dan kiri, misalkan saja ukuran 3-4 yang artinya 3 rantai di kanan jam dan 4 rantai di kiri jam. atau 3-5 yaitu 3 rantai di kanan dan 5 rantai di kiri atau bisa juga dibalik 3 rantai di kiri dan 5 rantai di kanan. sesuaikan saja dengan kebutuhan dan ukuran lingkar tangan Anda. nah mari kita mengetahui cara melepas rantai jam tangan selanjutnya dengan beberapa tahap berikut ini.

TAHAP PERTAMA

siapkan peralatan, yang paling penting adalah jarum khusus untuk membuka rantai jam tangan. gambarnya seperti ini:
Cara Melepas Rantai Jam Tangan palu jam tangan
Jarum pembuka rantai jam
Siapkan pula alat lain seperti tang kecil, obeng, dan palu-palu kecil (untuk mengetuk jarum pembuka rantai jam). setelah semua alat selesai disiapkan maka sebaiknya bersihkan area yang akan menjadi tempat untuk mengeksekusi rantai jam Anda karena jangan sampai malah kotor dan membuat anda kesulitan mencari alat yang terpisah nantinya. selanjutnya kita akan menuju cara melepas rantai jam tangan tahap ke-2.

TAHAP KEDUA

Lihat dan perhatikan rantai jam tangan anda, biasanya ada sejenis mur-mur pada bagian-bagian rantai jam tangan yang menghubungkan dengan rantai satu dengan rantai lainnya, itulah yang dinamakan "pen". coba perhatikan gambar ini:
Pen pada jam
Anda tinggal menaruh "jarum pembuka rantai jam" di atas pen jam tersebut lalu pukulkan dengan palu-palu kecil sampai goyang dan keluar. jika susah keluar, maka anda tinggal membolak-balik rantai jam untuk memukul permukaan pen yang dibawah dan di atas agar pen bisa longgar. 

Biasanya dalam cara melepas rantai jam maka ada lebih dari satu sambungan rantai yang dilepas, contoh seperti jam di atas ada 2 sambungan yang akan di lepas, yaitu 1 di kanan dan 1 di kiri. tapi sesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan dan ukuran tangan anda. rantai yang sudah anda keluarkan jangan di buang tapi ambil pen pada rantai itu yang berguna untuk menyambung rantai jam kembali. selanjutnya kita akan menuju cara melepas rantai jam tangan pada tahap ke-3.

TAHAP KETIGA

cara melepas rantai jam tangan di tahap ke-3 ini, apabila jam tangan anda masih longgar dan anda hanya membuka 1 rantai penghubung jam tangan anda, maka itu berarti anda harus melepas 1 lagi di sisi yang berlawanan dengan yang anda lepas tadi.

jika telah selesai maka anda tinggal memasangnya sambungan dari bagian jam tangan anda, cara pasang kembali rantai jam tangan adalah sama saja dengan melepas, maka anda hanya menyambungkan kembali rantai jam tangan menggunakan pen yang sudah di lepas tadi. untuk itu rantai yang sudah anda keluarkan jangan di buang tapi ambil pen pada rantai itu yang berguna untuk menyambung rantai jam. Bacalah: Cara Setting Jam Tangan Digital Q&Q, Digitec, dan G-shock

Nah jika ukuran sudah pas maka anda siap dengan style jam yang pas di tangan anda dengan tidak melorot lagi. semoga artikel cara melepas rantai jam tangan ini sangat berguna.

ads by google

1 Response to "Cara Melepas Rantai Jam Tangan"

  1. jam tangan saya susah untuk ditutup kembali belakangnya apa ada yang salah,tutup belakang tsb dicongkel..?mohon pencerahan ..trims

    BalasHapus

Dilarang Berkomentar Spam, Berkata-Kata Kasar, Atau Semacamnya. Jika Artikel ini Bermanfaat, Mohon di Share atau Dibagikan Kepada Teman-Teman Lainnya.

Label